Bangga Berbahasa Indonesia

Hari Wibowo,S.S., M.Pd.
(Artikel  ini sudah diterbitkan Majalah Ekspresi)
Pengantar
Bahasa Indonesia begitu indah, kaya, dan sangat tinggi nilai kesastraannya. Karya-karya yang lahir dengan media bahasa Indonesia, baik artikel, cerpen, novel sangat relevan dengan zamannya. Tinggi nilai sastranya bisa dirasakan melalui novel Azab dan Sengsara karya Merari Siregar dan Siti Nurbaya karya Marah Rusli pada zaman penjajahan Belanda tahun 1920-an, hingga zaman sekarang tahun 2000-an dengan terbitnya novel Laskar Pelangi karya Andrea Herata, yang sudah diterjemahkan ke dalam lima bahasa di dunia.
Indahnya bahasa Indonesia diakui pula oleh negara-negara Asean dalam konferensinya dengan menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar kedua setelah bahasa Inggris. Juga di Negeri Kanguru Australia, menjadikan bahasa Indonesia bahasa kedua, bahkan ada sebuah radio di sana yang menggunakan bahasa Indonesia dalam siarannya. Di negara-negara maju, seperti Jepang dan Korea, telah menjadikan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah di kampus-kampus ternama. Hal yang sama terjadi di benua Amerika, seperti US dan Canada, mahasiswa-mahasiswa di sana sangat antusias belajar Bahasa Indonesia, karena menjadi mata kuliah penting.
Kayanya bahasa Indonesia terlihat bukan berasal dari bahasa Melayu saja, tetapi berasal juga dari bahasa Jawa dan bahasa Asing yang bersinggungan seperti bahasa Belanda. Karenanya bahasa Indonesia berbeda dari bahasa Melayu di Malaysia. Bahasa Indonesia memiliki lebih banyak perkataan dari bahasa Jawa dan Belanda meski didasarkan dan didominasi oleh bahasa Melayu Riau, contohnya pejabat pos di Malaysia dikenal dengan sebutan kantor pos di Indonesia. Kata kantor ini berasal dari kata Belanda kantoor untuk pejabat. Silakan Unduh lengkapnya di sini!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s