PENGANTAR TEORI-TEORI BELAJAR DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

Hari Wibowo, S.S.,M.Pd.

Buku ini merupakan salah satu pemenang referensi kampus terbaik pada

Lomba Menulis Buku Referensi yang diselenggarakan oleh

DIKTI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI BANTEN

 SAMPUL BUKU SILAKAN KLIK DI SINI!

PENGANTAR

Sebagian orang berpendapat bahwa Belajar adalah semata – mata mengumpulkan atau menghafalkan fakta – fakta yang tersaji dalam bentuk informasi atau materi pelajaran. Disamping itu menurut konsep Skiner bahwa Belajar adalah proses beradaptasi atau menyesuaikan tingkah laku yang berlangsung secara prograsif.

Chaplin juga berpendapat bahwa belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang relative menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman.

Hitzman juga berpendapat bahwa belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme (manusia dan hewan) disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut.Selain itu Belajar adalalah  (istilah kunci) yang paling vital dalam setiap usaha pendidikan, sehingga tanpa belajar sesungguhnya tidak pernah ada pendidikan

Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, walaupun mempunyai konotasi yang berbeda.

Dalam konteks pendidikan, guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seseorang peserta didik. Pengajaran memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan guru saja. Sedangkan pembelajaran juga menyiratkan adanya interaksi antara guru dengan peserta didik. pembelajaran adalah suatu aktivitas yang dengan sengaja untuk memodifikasi berbagai kondisi yang diarahkan untuk tercapainya suatu tujuan yaitu tercapainya tujuan kurikulum.

Melihat penting arti kata belajar seyogianya seorang guru harus melihat hasil belajar siswa dari berbagai sudut psikologis yang utuh dan menyeluruh. Sehubungan dengan hal itu, seorang siswa yang menempuh proses belajar ditandai dengan munculnya pengalaman – pengalaman psikologis yang baru . Pengalaman ini diharapkan dapat mengembangkan aneka sifat, sikap, dan kecakapan yang konstruktif (membangun) dan bukan kecakapan sebaliknya yang cenderung destruktif (buruk). Untuk mencapai pengalaman atau hasil belajar yang ideal seperti di atas, kemampuan pendidik dalam membimbing siswa mutlak sangat berpengaruh. Dalam hal itu, pendidik perlu wawasan atau pengetahuan teori-teori dalam belajar dan bagaimana mengaplikasikannya dalam model-model pembelajaran.

Pengetahuan teori-teori belajar dan model-model pembelajaran ini disajikan apik dalam buku ini. Buku yang terdiri dari dua bagian ini menguraikan dengan jelas bagaimana seharusnya kita belajar. Pada bagian pertama, penulis menyajikan teori-teori belajar mulai dari teori Behaviorisme hingga Identitas. Teori-teori ini biasa dapat diterapkan oleh suatu riset dan praktik dalam bidang pendidikan. Bagian kedua, penulis menyajikan model-model pembelajaran–mulai dari model Active Learning, PAIKEM, Discovery Learning, Contextual Learning (CTL), Mind Mapping, hingga Cooperative Learning–sebagai contoh aplikasi atau penerapan teori-teori pembelajaran.

DAFTAR ISI

PENGANTAR                                iii
DAFTAR ISI                                vi
BAGIAN PERTAMA: PARADIGMA DAN TEORI-TEORI BELAJAR            1
BAB I. PARADIGMA TEORI-TEORI  BELAJAR                    1
•    Behaviorisme                             1
•    Kognitivisme                             2
•    Konstruktivisme                         2
•    Design-Based Reseach Methods                    3
•    Humanisme                             5
BAB II. TEORI-TEORI BEHAVIOR                        7
•    Pandangan Behaviorisme                         7
•    Connectionism ( S-R Bond) menurut Thorndike             7
•    Classical Conditioning (Pavlov)                 8
•    GOMS Model (Card, Moran, and Newell)                 10
•    Teori Operant Conditioning (Skinner)                 13
BAB III. TEORI-TEORI KOGNITIVIS                        15
•    Pandangan Kognitivisme                        15
•    Attribution Theory (Weiner)                     15
•    Teori Pemrosesan Informasi (Robert Gagne)            17
•    Teori Elaborasi (Reigeluth)                     18
•    Teori Belajar Gestalt                        20
•    Tahap Teori Perkembangan Kognitif (Piaget)             23
BAB IV. TEORI-TEORI KONSTRUKTIVIS, SOSIAL,
DAN TEORI SITUASIONAL                            26
•    Pandangan Konstruktivisme                     26
•    Communities of Practice (Lave dan Wenger)            27
•    Teori Belajar Konstruktivis                    29
•    Discovery Learning (Bruner)                     31
•    Teori Belajar Sosial (Bandura)                    32
•    Teori Pembangunan Sosial (Vygtosky)                 35
•    Problem-Based Learning (PBL)                     39
•    Situated Learning Theory (Lave)                 41
BAB V. TEORI MOTIVASI DAN HUMANIS                     43
•    Pandangan Humanisme                         43
•    ARCS Model of Motivational Design (Keller)             45
•    Experiential Learning (Kolb)                     48
•    Hierarki Kebutuhan Maslow (Maslow)                50
BAB VI. TEORI DESAIN DAN MODEL (PRESKRIPTIF)                54
•    Design-Based Research Methods                     54
•    ADDIE Model of Instructional Design                 56
•    ARCS Model of Motivational Design (Keller)             58
•    Teori Elaborasi (Reigeluth)                     62
BAB VII. TEORI-TEORI DESKRIPTIF DAN META TEORI                64
•    Activity Theori (Vygotsky, Leont’ev, Luria, Engstrom, dll)    64
•    Actor-Network Theory (Latour, Callon)                 66
•    Distributed Cognition DCog (Hutchins)                67
BAB VIII. TEORI-TEORI IDENTITAS                        69
•    Erikson’s Stages of Development (Erikson)             69
•    Teori Status identitas (Marcia)                 74
•    Self-Theories: Entity and Incremental Theory (Dweck)         75
BAB IX. TEORI-TEORI BELAJAR YANG LAINNYA                 78
•    Affordance Theory (Gibson) Affordance Theory (Gibson)         78
•    Teori Kecerdasan Majaemuk  (Gardner)                78

BAGIAN KEDUA : PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN             83
BAB X  PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING)                83
Pengertian dan Karakteristik                    86
Beberapa Teknik Pembelajaran Aktif                89
Strategi Pembelajaran Active Learning                91
Aplikasi Active learning (belajar aktif) dalam Pembelajaran    96

BAB XI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF,
KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM)            106
Pengertian                             107
Penerapan PAIKEM dalam Proses Pembelajaran            109

BAB XII   PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING/CTL)                112
Pengertian                            112
Aspek-aspek Lingkungan Pembelajaran Kontekstual            113
Prinsip, Metode, dan Teknik Pembelajaran Kontekstual        116
Integrasi Konsep dan Prinsip Pembelajaran Kontekstual
(CTL) dalam Pembelajaran                    122

BAB XIII  PEMBELAJARAN PENEMUAN  (DISCOVERY LEARNING)        129
Pengertian                            129
Perbedaan Metode Pembelajaran Discovery
dan Metode Pembelajaran Diskusi                 130
Penerapan Discovery Learning                    131

BAB XIV MIND MAPPING (PETA PIKIRAN)                 137
Pengertian Mind Mapping                        137
Peranan Peta Pikiran                        139
Langkah Membuat Peta Pikiran                     141

BAB XV PEMBELAJARAN KOOPERATIF
(COOPERATIVE LEARNING)                        143
Pengertian                             145
Unsur-Unsur Model Pembelajaran Cooperartive Learning        146
Petunjuk dan Langkah-Langkah                    153
Pengelolaan Kelas Cooperative Learning                156
Teknik-Teknik Pembelajaran Cooperative Learning            170
Pelaksanaan Pelajaran Cooperative Learning            182
Penilaian Dan Evaluasi Cooperative Learning                192

BAB XV PEMBELAJARAN MULTIGRADE / KELAS RANGKAP            198
Pengantar                        198
Pengertian                        199
Pola Pembelajaran Kelas Rangkap                    202
Model-Model Pembelajaran Kelas Rangkap            205
Simpulan dan Saran                        208

SENARAI  PUSTAKA                        209
BIOGRAFI PENULIS                        215

BIOGRAFI PENULIS

FOTO PENULIS KLIK!

Hari Wibowo, dilahirkan di Jakarta pada tanggal 25 April 1976, dengan ayah bernama Wandi Amshori dan Ibu Salmah (almh.). Anak keempat dari enam orang bersaudara ini mulai duduk di bangku sekolah diawali pada Sekolah Dasar pada tahun 1985  di Karet Tengsin Tanah Abang, pada tahun 1991 lulus di SMPN 8 Menteng dan pada tahun 1994 lulus di SMAN 68 Salemba dan langsung melanjutkan kuliah di Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra—sekarang  dikenal Fakultas Ilmu Budaya—Universitas Indonesia.

Suami dari Nining Dwirosanti dan ayah dari lima putra—Yasmin, Naflah, Ziyad, Nisrina, dan Zaira—telah menamatkan  studi S2-nya pada tahun 2007 di Universitas Negeri Jakarta pada Program Studi Teknologi Pendidikan. Sekarang ini aktif sebagai penulis buku dan artikel, antara lain: Buku dan CD Kamus Peribahasa Indonesia (SD-SMA/Umum), Lancar dan Terampil Menulis, Pandai Berhitung, dan  7 Tahap Lancar Membaca (TK), Buku Kerja Bahasa Indonesia kelas IX(SMP), Ensiklopedia Bahasa & Sastra Indonesia, Budaya & Suku, dan Tempat Wisata Indonesia(SD); artikel-artikelnya, antara lain: “Bahasa Indonesia itu Indah,” “Pembelajaran Multigrade di Pusat Bimbingan Sabah, Malaysia”,“Membentuk Karakter Anak Melalui Mendongeng”, Peningkatan Kemampuan Menyimak melalui Pemberdayaan Sumber Belajar”, “Menulis Itu Mudah?”, “Membaca Adalah Belajar Menulis Adalah Bekerja”, “Resensi buku Kreativitas Anak”, “Resensi buku Sejarah Teks Al-Qur`an”, Tinjauan Buku Action Research: Guide to Improving Class. Selain itu, Penulis pernah menjadi Pendidik anak-anak Indonesia di Sabah Malaysia dan aktif juga sebagai pengelola jurnal LinguaHumaniora dan instruktur di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Bahasa Kemdikbud Jakarta. Email: mashariwibowo@gmail.com

PEMESANAN BUKU BISA MELALUI SMS/CALL KE: 085714080776 (PENULIS)

atau TULIS KOMENTAR serta TULIS ALAMATNYA!

BUKA MATA BANYAK BACA,  BUKA BUKU BANYAK ILMU!

6 respons untuk ‘PENGANTAR TEORI-TEORI BELAJAR DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

    • berhubung baru diterbitkan oleh penerbit kecil jadi kita menggunakan sistem PoD (print on Demand) silakan kalau ingin pesan. cukup sms dan konfirm pembayaran via email. Hari Itu juga akan dikirim. terima kasih

  1. saya cukup tertarik dengan buku mas, tapi saya butuh lebih dari satu referensi buku khususnya tentang discovery learning. bisa bantu informasi tentang referensi yang lainnya? terimakasih

    • terima kasih atas apresiasinya…buku saya ini memang baru pengantar. jadi kajiannya masih umum. kalau khusus membahas discovery learning, sebenarnya banyak jika kita searching di google. misalnya Teaching Children Science: A Discovery Approach [Book]
      $156 online
      Save to Shortlist
      by Joseph Abruscato, Donald A. DeRosa · Allyn & Bacon · Paperback · 450 pages · ISBN 0137156774
      Science is a quest for explanations. This popular text continues to encourage teachers to help their students learn through discovery, while also providing content on the latest techniques in science teaching. This edition has been thoroughly revised and features a new co-author … more »
      terima kasih

    • buku ini masih diterbitkan secara POD alias print on demand. jadi cukup Anda pesan dg menuliskan alamat paket pos bukunya dan transfer ke rek BCA Penulis: 6610284301 an Hari Wibowo SS. trus konfirm ke email: mashariwibowo@gmail atau nohp 085714080776. Nanti buku segera dikirim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s